Madu sudah dikenal memberikan manfaat yang luarbiasa, terutama  untuk anak-anak. Menurut wiktionary.org (https://id.wiktionary.org/wiki/madu) madu adalah cairan yang banyak mengandung zat gula pada sarang lebah atau bunga (rasanya manis). Karena rasanya manis madu sering dijadikan pemanis atau perasa makanan dan minuman.

Hasil berbagai penelitian ternyata madu tidak hanya bermanfaat sebagai pemanis tapi juga bermanfaat untuk kesehatan. Namun saat ini kita sering bingung untuk menentukan merk madu anak mana yang benar-benar bagus kualitasnya dan terjamin keaslian madu nya. Karena untuk memberikan vitamin dan nutrisi kepada anak, tentu kita tidak bisa sembarangan dan asal-asalan.

Untuk menentukan merk madu anak yang bagus salah satu yang menjadi patokan adalah harga. Ini sudah menjadi kelaziman jika ingin dapat barang yang bagus maka otomatis harganya juga “bagus”. Namun selain berpatokan pada harga ada hal lain yang perlu menjadi pertimbangan.

madu anak

Menentukan Merk Madu Anak

Ini adalah beberapa hal yang bisa menjadi pertimbangan dalam membeli madu anak.

  1. Cek Sertifikat Kesehatan dan Ijin Produksinya.

Ini adalah hal pertama yang seharusnya menjadi perhatian konsumen. Seberapa bagus dan mahalnya sebuah produk jika tidak mempunyai sertifikat kesehatan ini adalah sebuah keniscayaan.

  1. Perhatikan kandungannya

Kandungan pada komposisi madu anak perlu menjadi hal yang harus dicermati. Saat ini madu anak tidak hanya sekedar madu, tapi juga dikombinasikan dengan bahan lain. Hal ini bertujuan untuk memberi manfaat lebih kepada kesehatan anak.

Karena itu sesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan anak. Belum tentu semakin banyak kandungannya makin bagus juga produk tersebut, tapi lihat seberapa butuh dan pentingnya kandungan tersebut untuk anak.

  1. Bagaimana review atau testimoni dari produk tersebut

Memang banyak faktor yang mendasari keberhasilan sebuah produk, tapi tidak ada salahnya jika banyak yang memberikan testimoni akan sebuah produk, maka kemungkinan produk ini telah banyak memberikan manfaat bisa dijadikan faktor dalam memilih sebuah produk madu anak yang bagus.

Jenis Madu Anak

Ada beberapa jenis madu anak yang diproduksi menyesuaikan dengan selera konsumen dan kondisi anak.

  • Madu Anak Murni

Ini adalah jenis madu asli yang telah dimurnikan artinya madu yang diperoleh dari peternak lebah lalu di saring dan diproses untuk menghilangkan spora yang biasa terdapat pada madu. Spora ini berasal dari kaki kaki lebah yang hinggap dari satu bunga ke bungan lainnya.

Jenis madu anak murni ini tidak dicampur bahan lain, dan biasanya juga dipilih dari lebah yang mengambil dari bunga pohon pohon tertentu, yang paling sering digunakan adalah dari pohon kapuk atau randu.

  • Madu Anak Murni dan Alami

Madu anak jenis ini selain berbahan dasar dari madu murni juga ditambah dengan bahan alami lain, tergantung akan kebutuhan. Misalnya ditambah ekstrak temulawak yang berguna untuk menambah nafsu makan anak. Atau ditambah pegagan untuk memperlancar peredaran darah.

Jenis madu anak ini diracik dengan komposisi yang sudah sesuai dengan takaran tertentu dengan standar kesehatan yang telah ditetapkan. Unsur-unsur yang menjadi tambahan juga tidak bisa sembarangan dan harus diteliti dan diuji terlebih dahulu.

Madu anak jenis ini mempunyai kelebihan akan manfaatnya yang banyak, jadi manfaat yang diperoleh tidak hanya dari madu tapi juga dari bahan alami lain. Namun untuk anak dengan kondisi tertentu seperti alergi harus memperhatikan apakah bahan tambahan tersebut mempengaruhi alerginya atau tidak.

  • Madu Anak Campuran

Ini adalah jenis madu anak yang diramu dengan bahan obat untuk memberikan manfaat khusus. Penggunaan madu anak jenis ini harus sepengetahuan dokter atau ahli gizi karena ada kandungan obat di dalamnya.

Madu anak ini biasanya produksi pabrikan obat. Dengan menjadikan madu sebagai komponen dasarnya.

Madu Anak yang Direkomendasikan

Dengan melihat kriteria di atas, maka kami memberikan rekomendasi Madu Antariksa sebagai madu anak pilihan orang tua. Madu Antariksa adalah jenis madu anak murni alami yang menjadikan madu murni sebagai bahan utamanya dan menambahkan bahan alami lain untuk memperkaya manfaatnya yaitu Ekstrak Temulawak, Ekstrak Ikan Gabus dan Ekstrak Teripang Emas.

Dengan komposisi tersebut Madu Antariksa memberikan manfaat lengkap yaitu :

madu anak

Demikian penjelasan mengenai madu anak, bagaimana memilih madu anak yang bagus, jenis madu anak dan madu anak yang direkomendasikan. Jadi sekarang anda tidak perlu bingung lagi dalam memilih madu anak mana yang baik untuk balita anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *