Penyakit flu memang bisa terjadi pada siapapun, termasuk dewasa dan anak-anak. Bahkan flu juga bisa terjadi pada bayi yang baru lahir atau bayi yang sudah berumur beberapa bulan. Merawat bayi yang flu tentu akan membuat orang tua merasa sedih. Biasanya bayi yang sedang flu akan menangis terus menerus karena tidaknyaman serta akan menimbulkan penyakit lain seperti batuk. Hal ini akan membuat tubuh bayi menjadi lemas, karena tidak nafsu makan dan minum, jika tidak segera diatasi, maka flu pada bayi bisa menyebabkan komplikasi kesehatan lain seperti menurunnya berat badan bayi karena tidak nafsu makan dan minum. Berikut ini beberapa cara alami untuk penyembuhan flu pada bayi.

  1. Berikan ASI

Hal yang paling penting untuk diberikan ketika bayi Anda pilek adalah ASI. Bagi ibu yang memberikan ASI eksklusif maka ASI menjadi obat alami untuk meredakan flu sehingga perlu menjauhi pantangan ibu menyusui. Pertama ASI akan mengatasi bayi dari dehidrasi sehingga tidak membuat flu bayi menjadi lebih parah. Sementara itu ASI juga mengandung jenis antibodi khusus yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh bayi. ASI adalah obat yang paling menguntungkan untuk bayi Anda. Jika bayi Anda tidak mau minum ASI secara langsung maka cobalah cara memerah Asi dengan tangan dan melakukan cara memperbanyak asi perah. Bayi Anda bisa menjadi lebih nyaman dengan cara ini.

  1. susu formula

Untuk bayi yang telah terbiasa menerima susu formula, maka Anda harus tetap memberikan susu formua selama bayi flu. Susu formula memang tidak mengandung antibodi alami seperti pada ASI, namun bisa mencegah bayi terkena dehidrasi seperti pada manfaat susu formula untuk bayi. Susu formula akan menyumbangkan berbagai jenis vitamin dan mineral dari susu olahan. Dengan berbagai nutrisi ini maka tubuh bayi Anda setidaknya lebih kuat untuk mencegah agar badan bayi tidak terlalu lemah.

  1. Menguap bayi di ruangan

Sauna seperti pada orang dewasa juga bisa menjadi cara mengatasi flu pada bayi. Namun tentu caranya adalah dengan mengatur suhu agar tidak terlalu panas dan suhu yang paling nyaman untuk tubuh bayi. Caranya adalah dengan menguap tubuh bayi saat mandi. Ketika bayi akan mandi maka letakkkan air panas di ember atau tempat lain yang lebih aman. Kemudian ajak bayi Anda untuk masuk ke kamar mandi dan tutup ruangan. Uap yang menyebar di kamar mandi atau ruangan lain akan membantu mengeluarkan lendir yang menyumbat pada saluran nafas bayi dan membuat saluran nafas bayi menjadi lebih nyaman. Manfaat menguap sama dengan manfaat baby spa untuk menjaga kesehatan tubuh bayi.

  1. Membuat bayi lebih banyak tidur

Tidur dan istirahat untuk bayi bisa membantu tubuh bayi lebih sehat dan nyaman saat terkena flu. Namun umumnya bayi akan sulit tidur saat flu karena nafas yang tidak lega, sakit kepala, demam dan berbagai gangguan lain yang tidak nyaman. Karena itu Anda bisa mencoba membantu bayi agar bisa tidur dengan baik. Caranya dengan menemani bayi saat tidur, memberikan ASI hingga bayi merasa puas, mengatur tempat tidur yang nyaman untuk bayi dan memberikan dekapan untuk bayi. Jika bayi rewel saat tidur maka cobalah menggendong bayi.

  1. Pijat Bayi

Cara melakukan pijat bayi yang benar juga bisa membantu meringankan pilek secara alami. Pijat dengan menekan pada titik titik tubuh bayi tertentu bisa membantu bayi merasa lebih nyaman. Bayi Anda bisa tidur nyenyak setelah dipijat sehingga bayi bisa istirahat dengan baik. Selain itu gerakan pijatan yang baik juga bisa membantu mengeluarkan dahak, membantu bayi bisa batuk dan merangsang bagian tubuh bayi agar bisa memiliki sistem kekebalan tubuh yang baik. Jika Anda tidak bisa melakukan pijat bayi sendiri maka lakukan dengan bantuan terapis khusus bayi. Pijat bayi juga sangat efektif untuk mengatasi bayi sering menggeliat dan sebagai cara mengatasi sembelit pada bayi. Semoga bermanfaat.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *