JMenggemukkan badan anak memang kadang menjadi sebuah masalah yang cukup sulit untuk sebagian orang tua. Segala sesuatu yang terbaik sudah diberikan oleh ayah dan bunda, namun setiap bulan saat dicek ternyata timbangan berat badan belum juga naik.
Terkadang masalah ini cukup menjadi beban untuk orang tua, apalagi saat melihat anak-anak di sekitar rumah atau anak-anak saudara tumbuh baik memiliki badan yang gemuk dan segar. Namun, badan yang kurus bukan berarti anak-anak kita tidak sehat ya bunda. Badan kurus bisa saja memang perawakan dari si anak seperti itu yang bisa jadi menurun dari ayah atau bundanya.

Saat anak-anak ayah ataupun bunda memiliki badan yang kurang segar coba cek ke dokter atau bisa di pantau melalui buku kesehatan anak yang biasanya diberikan oleh bidan atau dokter atau tempat persalinan bunda. Dengan buku ini sejak anak usia 0 bulan bisa kita pantau perkembangannya. Namun, untuk mengetahuinya pun bunda harus rajin ke posyandu anak atau ke dokter untuk pemeriksaan rutin setiap bulan.
Menggemukkan badan anak kurang begitu penting apabila anak-anak bunda setiap bulan timbangannya di atas garis batas normal. Apabila hasil timbangan di bawah garis merah ayah bunda baru waspada dan harus melakukan pemeriksaan lebih lanjut. Siapa tahu ada masalah yang menghalangi tumbuh kembang anak.
Biasanya kalau anak-anak kita tumbuh kurang subur atau tidak segemuk teman sebayanya, sebagai orang tua kita merasa cemas dan khawatir. Oleh karena itu kita berusaha melakukan beberapa cara untuk bisa menggemukkan badan si anak, namun perlu digaris bawahi menggemukkan badan harus dengan prosedur dan cara yang tepat.

Cara Menggemukkan Badan Anak yang Cepat dan Aman

1. Makanan berkalori tinggi
Untuk proses penggemukan bunda bisa memberikan makanan dengan jumlah kalori yang tinggi. Untuk anak berusia 2-3 tahun tubuh anak membutuhkan jumlah kalori sekitar 1.000 kkal per hari, sedangkan untuk anak-anak berusia 4 sampai 5 tahun membutuhkan antara 1.200 sampai 1.400 kkal per harinya. Itu jumlah normal yang harus diberikan untuk mendapatkan badan yang lebih gemuk dan subur bunda bisa memberikan makanan dengan jumlah kalori yang lebih banyak.

2. Tambahkan kandungan lemak
Makanan dengan lemak yang tinggi mengandung lebih banyak kalori yang dibutuhkan oleh tubuh. Namun jumlah lemak yang dibutuhkan bukan berarti lemak jenuh yang justru mengandung banyak risiko penyakit. Lemak yang dimaksud misalkan keju, susu krim, oatmeal, mayones, mentega dan minyak zaitun. Jadi bunda saat memasak menu makan anak bisa mengganti minyak sayur dengan mentega atau minyak zaitun.

3. Asupan Karbohidrat
Gizi yang paling penting untuk menggemukkan badan anak adalah kalori. Dengan asupan kalori yang tinggi maka berat badan anak akan cepat naik. Kalori ini bisa diambil dari makanan yang banyak mengandung karbohidrat. Namun, kandungan kalori yang ada pada karbohidrat tidak sebanyak yang terkandung dalam lemak.

4. Olahraga yang teratur
Hati-hati ya bunda, saat proses penggemukan tetap jadwalkan olahraga yang rutin untuk anak-anak. Jangan sampai karena penggemukan badan, anak-anak yang tadinya kurus malah jadi obesitas ( kelebihan berat badan ). Jadi bunda tetap harus memantau perkembangan anak-anak.
Proses menggemukkan badan anak boleh saja dilakukan asalkan anak bunda merasa nyaman dengan tahapan itu dan tidak berlebihan. Apabila badan terlalu gemuk bisa jadi malah anak bunda mudah terserang penyakit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *