Demam adalah tanda seseorang menderita penyakit tertentu dan merupakan alat pemberitahu bagi diri sendiri. Dr. Florentina R. Wahjuni, CQ.Phy, CHt, CI., Ahli Kesehatan Holistik sekaligus penulis buku Kontroversi 101 Mitos Kesehatan, memaparkan pula tentang seluk beluk demam.

Berapa Suhu Tubuh yang Termasuk Demam?

Suhu normal adalah 36,5-37,5 derajat Celsius, maka kketika suhu tubuh berada di atas 37.5 derajat Celsius berarti tergolong demam. Namun, hal ini juga dipengaruhi oleh metode pemeriksaan demam. Simak 3 metode pemeriksaan suhu tubuh ini:

1. Pada pengukuran suhu tubuh melalui anus, demam terjadi saat suhu tubuh melebihi 37.8 derajat Celsius

2. Pengukuran suhu tubuh melalui mulut (oral), demam terjadi saat suhu tubuh melebihi 37,6 derajat Celsius

3. Pengukuran suhu tubuh melalui ketiak, demam terjadi saat suhu tubuh melebihi 37,5 derajat Celsius

Sementara itu, demam tinggi yang berpotensi berbahaya adalah bila suhu tubuh mencapai 39 derajat Celsius atau lebih.

Penyebab Demam

Demam memang bukan penyakit, tetapi merepotkan bila tidak diatasi dengan baik. Demam juga bisa merupakan tanda bahwa kita menderita penyakit tertentu. Karena itu, demam merupakan alat pemberitahu bagi kita sendiri.

Biasanya penyebab demam sudah bisa diketahui dalam waktu satu atau dua hari. Kalau Anda menduga penyebabnya bukan penyakit karena virus, sebaiknya segera periksa ke dokter.

Berikut beberapa penyebab umum timbulnya demam pada anak :

• Adanya infeksi seperti infeksi saluran kemih (sering buang air kecil atau buang air kecil disertai rasa pedih), infeksi streptokokus pada tenggorokan (sering kali disertai dengan radang tenggorokan), infeksi sinus (rasa sakit di atas atau di bawah kedua mata), dan abses gigi (bengkak di bagian mulut).
• Infeksi mononucleosis yang disertai rasa lelah.

• Tertular suatu penyakit saat Anda berada di luar negeri.

• Kelelahan karena kepanasan atau terbakar sinar matahari hebat.

Gejala Demam

Gejala yang disertai demam berikut ini tidak boleh dianggap remeh atau dianggap gejala yang biasa. Karena gejala berikut ini bisa berakibat fatal apabila dibiarkan saja tanpa ada penanganan yang serius.

Berikut ini adalah gejala-gejala yang disertai demam yang perlu diperhatikan :

 Sakit kepala
 Berkeringat dingin, menggigil
 Batuk-batuk, sakit tenggorokan
 Sakit pada telinga
 Diare dan muntah-muntah
 Sakit otot, merasa kelelahan
 Kehilangan selera makan

Nah, bagaimana cara memeriksa demam yang paling tepat dan kapan kita harus mengunjungi dokter.

Apabila anak terkena demam disertai gejala-gejala di atas, maka sangat diperlukan penanganan yang serius. Dan jika terjadi pada anak yang berusia di bawah 0 – 6 bulan, maka sangat dianjurkan untuk di bawa ke Dokter.

Untuk anak usia di atas-6 bulan jika sudah melebihi batas maka sangat dianjurkan juga untuk dibawa ke Dokter. Batasnya yaitu apabila anak usia lebih dari-6 bulan dan mengalami demam lebih dari 2 x 24 jam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *