Tenggorokan gatal – saat aktivitas yang anak lakukan setiap harinya, istirahat bisa menjadi obat untuk menghilangkan semua rasa letih yang anak lakukan. Istirahat pada malam hari dapat membatu tubuh anak agar fit pagi hari untuk melakukan aktivitasnya. Sebab, semua organ dan otot membutuhkan masa istirahat dari segala gerakan tubuh yang anak lakukan. Dengan beristirahat di malam hari, maka anak bisa menyambut pagi dengan energi yang kembali pulih setelah beristirahat. Namun, beda rasanya ketika anak sedang mengalami tenggorokan gatal.

Tips Mengobati Tenggorokan Gatal Pada Anak

Gejala tenggorokan gatal sudah pasti sangat mengganggu istirahat anak. Tenggorokan gatal akan membuat anak harus terbangun dari tidur sebab rasa gatal yang tidak bisa ditahan lagi oleh anak. Bahkan, dalam kondisi ketika anak sedang melakukan aktivitas, tenggorokan gatal dapat menimbulkan rasa stress pada penderitanya, terutama jika terjadi pada anak-anak. Hal ini, disebabkan karena kelenjar lendir yang tidak mampu lagi untuk menhasilkan lendir yang cukup akibat terkena iritasi oleh virus, bakteri dan alergi.
Reaksi gatal akan muncul akibat infeksi yang menyerang bagian tenggorokan. Tenggorokan gatal akan mengganggu kenyamanan anak dan mengganggu konsentrasi anak pada saat belajar. Oleh karena itu, jika tenggorokan anak gatal harus segera diatasi.
Sebelum mengobati tenggorokan gatal pada anak, hal harus anda lakukan terlebih dahulu adalah mengetahui penyebab yang muncul saat sensasi gatal pada tenggorokan. Rasa gatal akan muncul dikarenakan beberapa hal, seperti :

Penyebab Tenggorokan Gatal

. Alergi terhadap makanan
. Batuk dan pilek
. Alergi terhadap lingkungan yang kurang bersih
. Infeksi saluran pernafasan
. Iritasi akibat debu dan polusi udara
. Sakit asam lambung
. Muntah terus menerus
. Tumu pada tenggorokan

Rasa gatal pada tengorokan tidak hanya menimbulkan rasa tidak nyaman saat istirahat. Namun di dalam beberapa kasus dapat menyebabkan anak sulit untuk bernafas. Jika memang anak sering mengalaminya, pastikan anda segera konsultasi ke dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat. Dan tidak terlambat.

Jika saat ini anak mengalami tenggorokan gatal, batuk berdahak dan batuk kering, ada beberapa hal bisa anda lakukan. Berikut ini cara mengobati tenggorokan yang terasa gala disertai batuk terutama pada anak-anak saat malam hari.

Cara Mengobati Tenggorokan Gatal

. Madu

Madu dikenal sebagai obat alami yang dapat membatu mengobati masalah tenggorokan gatal dan batuk berdahak. Bahkan, madu memiliki khasiat yang cukup besar untuk melawan kuman, bakteri dan virus yang dapat menyebabkan daya tahan tubuh anak menurun. Berdasarkan penelitian Penn State College of Medicine, madu memiliki manfaat dan khasiat yang cukup baik untuk mengobati tenggorokan gatal pada anak.

. Teh Jahe

The juga bisa digunakan sebagai obat tenggorokan gatal dan sakit. The dan jahe sama-sama bekerja secara efektif untuk memberikan rasa hangat pada tubuh anak. Jahe dilengakapi dengan kandungan zinglberin yang dapat membuang racun yang terdapat di dalam tubuh dan meningkatkan sirkulasi darah. Kandungan inflamasi yang terdapat di dalam jahe sangat ampuh untuk mengatasi peradangan yang terjadi akibat infeksi virus dan yang lainnya.

. Minyak Kayu Putih

Steamin merupakan pengobatan yang dapat anda lakukan dengan mencampurkan minyak kayu putih. Steaming merupakan proses penguapan agar dapat melancarkan pernafasan dan mengencerkan dahak yang membuat tenggorokan sering terasa gatal dan batuk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *