Tumbuh gigi adalah salah satu fase paling menyakitkan yang harus dilalui oleh seorang bayi. Usia rata-rata untuk bayi mendapatkan gigi pertamanya adalah enam bulan, meskipun ini bervariasi untuk setiap bayi. Saat tumbuh gigi, bayi akan menjadi rewel dan orang tua terkadang tidak tahu makan apa yang dapat membantu bayi meringankan penderitaan karena tumbuh diri. Berikut Kami rangkumkan beberapa makanan yang dapat membantu menenangkan rasa sakit saat tumbuh gigi pada bayi.
Beberapa makanan sehat yang bisa diberikan saat bayi tumbuh gigi. Selain mengandung gizi tinggi, makanan-makanan berikut ini juga membantu meredakan rasa sakit dan gatal di area gusi anak.

• Pisang yang matang

Memiliki daya tarik tersendiri buat si kecil. Buah pisang matang memberikan sensasi dingin yang bisa mengurangi rasa nggak nyaman di gusi. Buah satu ini juga mengandung tiga gula alami, yaitu sukrosa, fluktosa, dan glukosa yang dikombinasikan dengan serat. Maka, nggak heran kalau si kecil menyukainya. Bubur pisang sangat disarankan untuk diberikan untuk anak yang susah makan buah. Yang terpenting, pisang ternyata juga merupakan makanan energi yang baik dan tinggi kalsium yang bermanfaat dalam pertumbuhan tulang dan gigi pada anak.

• Mentimun

Salah satu makanan terbaik yang bisa diberikan saat anak tumbuh gigi. Iris mentimun yang dingin dengan potongan kecil-kecil. Berikan satu potongan sebagai teether alami. Tetap awasi saat si kecil memegang dan memakan potongan mentimun tersebut. Jangan sampai menelan bijinya atau potongan yang besar.

• Alpukat

Kaya akan kandungan vitamin A dan kalsium. Selain menyehatkan, mengunyah irisan kecil buah alpukat juga meringankan rasa sakit pada gusi.

• Wortel

Memiliki rasa asli manis dan kenyal yang disukai anak-anak. Bunda bisa menyajikan potongan wortel memanjang seukuran ibu jari yang telah dikukus sebagai teether alami atau juga bisa mencampurkannya ke dalam sup dengan potongan yang lebih kecil.

• Ayam

Salah satu makanan yang disukai anak-anak. Potongan-potongan kecil daging ayam yang ditambahkan pada makanan berupa sup sangat baik bagi anak yang sedang tumbuh gigi. Tekstur potongan yang lembut saat dikunyah membantu meringkankan rasa sakit di bagian gusi.

• Keju

Tekstur keju yang keras tapi kenyal ternyata bisa mengurangi rasa nggak nyaman saat gigi mulai tumbuh. Selain itu, keju juga mengandung kalsium seperti susu yang baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi.
Hal utama saat menghadapi anak yang susah makan karena tumbuh gigi adalah dengan kesabaran. Meskipun Bunda ingin memastikan bahwa buah hati mendapatkan kecukupan nutrisi yang baik, sebaiknya jangan paksakan ia untuk menghabiskan makanan yang diberikan. Pilih makanan alternatif yang nggak cuma menyehatkan tetapi juga membantu mengurangi rasa nggak nyaman di gusi selama masa pertumbuhan gigi. Dengan begitu, ia bisa lebih tenang dan Bunda juga nggak merasa khawatir berlebihan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *