Apakah Anak bunda yang masih berusia balita malas-malasan saat anda hendak memberinya makan nasi. Dan hanya ingin makan Camilan saja. Apaila benar, Sebakinya jangan biarkan hal itu terus menurus terjadi. Karena dampak dari balita susah makan sangat luas, mulai dari masalah pada gizi, proses tumbuh kembang, bahkan perkembangan otak anak anda pun bisa terhambat karena masalah susah makan.

Untuk itu kami akan memberikan sedikit informasi bagaimana cara mengatasi anak susah makan. Mengatasi anak susah makan sebenarnya gampang-gampang susah, diperlukan ketelatenan dan kesabaran bagi ibu. Anak yang susah makan biasanya lebih suka ngemil atau memakan jajanan tidak sehat, sehingga hal itu bisa membahayakan kesehatannya. Berikut ini tips dan cara mengatasi anak yang susah makan :

1. Memberikan Variasi Menu

Saat hamil pun ibu akan merasakan jenuh jika disajikan dengan makanan sehat untuk ibu hamil yang yang itu-itu saja, apalagi dengan anak kecil. Anak kecil pun akan merasakan jenuh jika memakan jenis makanan yang sama setiap harinya. Ibu dituntut untuk bisa menyajikan menu yang berbeda setiap harinya. Misalnya saja hari senin menu sayur dengan telur mata sapi, maka hari selasa menunya harus berbeda. Ibu bisa menyajikan menu sayur dengan tahu tempe dan lain sebagainya.

2. Mengatur Waktu Makan Secara Tepat

Ibu yang disiplin dalam memberikan makan kepada anaknya bisa menyebabkan anak juga disiplin dalam menjalankan waktu makannya. Jangan sampai ibu telat dalam memberikan waktu makan kepada anaknya, sebab anak bisa menjadi tidak disiplin saat harus makan. Anak yang tidak disiplin di waktu jam makan bisa menyebabkan anak tersebut menjadi malas makan.

3. Hindari Camilan Mendekati Jam Makan

Banyak ibu yang memberikan camilan kepada anaknya saat mendekati jam waktu makan. Dampaknya ke anak adalah anak akan merasa sudah kenyang dengan camilan tersebut sehingga, saat sudah tiba waktunya jam makan mereka akan menghindari makanan yang disajikan.

4. Bertanya Menu Makanan Kepada Anak

Jadilah ibu aktif yang selalu melibatkan anaknya dalam segala hal yang berurusan dengan anak tersebut. Saat akan menyiapkan makanan untuk si kecil, ibu bisa bertanya kepada si kecil ingin menu makanan apa. Memakan menu sesuai selera anak bisa membuat anak lebih bersemangat dalam memakan makanannya. Yang harus diingat adalah makanan yang diinginkan anak haruslah makanan yang sehat.

5. Mengenalkan Makanan pada Waktu yang Tepat

Salah satu hal yang bisa menjadi penyebab anak susah makan terutama di saat balita adalah ibu memiliki waktu yang salah untuk mengenalkan makanan kepada anaknya. Kadang ibu tidak sabar untuk memberikan ASI eksklusif selama 6 bula, hal itu dikarenakan ibu yang kewalahan dalam memberikan ASI kepada bayinya. Ibu memutuskan untuk memberikan MPASI secara dini. Akibatnya bayi saat menginjak usia yang lebih besar akan merasa jenuh dengan makanan.

6. Libatkan Anak dalam Menyiapkan Menu

Anak yang dilibatkan ketika menata menu makanan untuknya bisa menyebabkan dirinya bersemangat untuk memakan makanannya. Hal itu dikarenakan anak lebih senang dengan hasil jerih payahnya sendiri dan anak pun akan menghargai jerih payahnya sendiri.

7. Menyajikan Makanan dengan Menarik

Ibu tidak hanya dituntut untuk pintar memasak namun ibu juga dituntut untuk bisa pintar dalam menyajikan makanan. Anak akan menjadi berselera untuk memakan makanannya jika tampilan makanan menarik. Salah satu cara menyajikan menu makanan dengan tampilan yang menarik adalah bento. Jika ibu tidak bisa menata makanan dengan baik ibu bisa mengikuti les khusus bento.

8. Menggunakan Piranti Makan yang Disukai

Untuk mengatasi anak yang susah makan ibu bisa menggunakan piranti makanan yang disukainya. Ibu bisa memilihkan piring dengan gambar kartun yang disukai, garpu dan sendok yang disukai oleh anak. Dengan begitu anak pun akan lebih mudah dalam memakan makanannya.

9. Jangan Mencampurkan Nasi dengan Lauk

Anak akan langsung bete jika melihat nasi yang sudah dicampurkan dengan lauk dalam satu piring. Sebaiknya ibu memisahkan antara nasi dan juga lauk agar anak lebih berselera makan. Mencampurkan nasi dengan lauk memang akan terlihat berantakan di meja makan sehingga nafsu makan anak pun bisa menghilang.
Demkian beberapa cara yang dapat kami berikan semoga bermanfaat. Sebaiknya anda tidak perlu khawatir jika anak susah makan nasi, karena ada sumber makanan lainnya. Namun, jika anda ingin agar anak tidak terus-terusan susah makan nasi hingga dewasa. Lakukanlah beberapa cara mengatasi anak yang susah makan nasi dengan sabar dan segera. Atau bisa juga berkonsultasi dengan dokter anak untuk mengetahui kecukupan nutrisi bagi tumbuh kembang anak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *