Batuk pada anak biasanya memang mengkhawatirkan sekali bagi orang tua. Setelah flu atau pilek berakhir, Anda masih harus mengatasi batuk anak yang sepertinya tidak kunjung sembuh. Terdapat dua jenis batuk anak adalah batuk kering yang biasanya memburuk di malam hari, dan akibatnya Anda dan anak akan terus terjaga sepanjang malam.

Sedangkan batuk berdahak lebih berbahaya, karena dapat mengakibatkan bronktis jika tidak segera di keluarkan dahaknya.Batuk anak, baik yang berdahak maupun kering, sama-sama dirasa mengganggu aktivitas sehari-hari seorang anak.

Ketika batuk, anak akan sangat susah untuk tidur karena terganggu oleh batuknya, penurunan nafsu makan karena rasa tidak nyaman di tenggorokan, dan juga muntah berulang yang diprovokasi oleh batuk. Mengingat sebagian besar kasus batuk yang terjadi pada anak bersifat self limiting (dapat sembuh sendiri), untuk itu mari simak pengobatan tanpa perlu ke dokter.

OBAT BATUK ANAK

 

Inilah Cara Mengatasi Batuk Tanpa Perlu Ke Dokter

  • Minum Air Putih
    meminum air putih yang cukup, akan dapat melegakan tenggorokan yang perih dan kering akibat batuk terus-menerus. sehingga sangat disarankan untuk mengkonsumsi air putih di saat batuk.
  • Makan Sup
    Menurut para ahli kesehatan, sup ayam mengandung semacam zat yang memperlambat pergerakan sel penyebab gangguan kesehatan pada tubuh. David Becker, MD, profesor dari Universitas California, Departemen Ilmu Kesehatan Anak, mengatakan bahwa kombinasi sup ayam dengan bawang putih dapat menghalau virus.
    Anak pun akan merasa lebih sehat dan segar setelah menyantapnya. Sup ayam juga meningkatkan pergerakan lendir yang dapat memperbaiki pencernaan. Mengkonsumsi sup ayam hanyak dapat mengatasi batuk, namun jangan memaksakan jika anak tidak menyukai sup ayam.
  • Gunakan Uap dengan air hangat
    Cobalah ke kamar mandi dan hidupkan shower air hangat untuk menghasilkan uap air.. Masak air hingga mendidih dan tuang air ke dalam baskom atau mangkuk.
    Mengending anak tersebut ssehingga dan meminta anak untuk menghirup uap dari air panas. Campurkan beberapa tetes minyak esensial menthol di dalamnya untuk hasil terbaik. Tutup pintu kamar mandi dan biarkan anak menghirup uap air selama beberapa menit.
  • Memberikan Sesendok madu
    Madu sesungguhnya lebih efektif dalam mengatasi batuk anak daripada obat batuk yang Anda beli di supermarket. Kandungan madu sebagai zat antimikrobial dan antioksidan seccara alami dapat memperkuat daya tahan tubuh dalam mencegah bibit penyakit. Madu dapat menstimulasi kelenjar saliva sehingga dapat memicu banyaknya air liur yang keluar dan dapat meredakan rasa kering di tenggorokan.
    Aturan pemberian madu pada anak adalah, setengah sendok teh madu untuk anak berusia 2 hingga 5 tahun, 1 sendok teh madu untuk anak berusia 6 hingga 11 tahun, 2 sendok teh madu diberikan untuk anak usia 12 tahun keatas.
    Ingat, jangan berikan madu pada bayi berusia kurang dari 1 tahun, karena sistem pencernaan bayi belum cukup kuat untuk mencerna zat yang terkandung dalam madu.
  • Menggunakan Obat batuk
    Anda dapat memberikan obat batuk yang mengandung dextromethorphan, yang berperan sebagai antitusif. Antitusif merupakan obat yang bekerja pada susunan saraf pusat sehingga mampu menekan pusat batuk dan menaikkan ambang rangsang batuk.
    Mengatasi batuk pada anak dengan obat gosok
    Oleskan obat gosok pada telapak kaki dan kenakan kaus kaki pada mereka agar tetap hangat. Usahakan untuk memilih obat gosok yang tepat. Jangan oleskan balsem panas untuk orang dewasa atau mereka malah menjadi rewel karena merasa terlalu panas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *