Permasalahan gizi anak bukan hanya terbatas pada anak yang mengalami berat badan berlebih atau kegemukan saja, banyak anak yang memiliki badan kurus bahkan berat badannya di bawah rata-rata anak seusianya. Lalu, apa sebenarnya solusi untuk menggemukkan badan anak? Ada beberapa cara alami untuk membuat si kecil jadi lebih gemuk.

cara alami agar anak gemuk

Anak kurus atau anak yang berat badannya di bawah angka normal bisa jadi pertanda ia bermasalah dalam hal asupan gizi, gangguan kesehatan serta masalah emosional. Untuk mengetahui berat badan ideal, Anda perlu mengukur Indeks Massa Tubuh (IMT) si kecil untuk membandingkan antara tinggi dan berat badan anak.

Obat atau Cara Alami untuk Menggemukkan Badan Anak

Asupan kolesterol yang baik
Langkah pertama untuk menaikkan berat badan anak adalah dengan asupan nutrisi berupa lemak jantung yang sehat atau istilahnya adalah kolesterol yang baik. Menambahkan kolesterol baik dalam pola makan si kecil bisa meningkatkan kalori yang ia butuhkan.
Anda bisa mengganti beberapa makanan dengan kandungan lemak jenuh yang tinggi seperti mentega, margarin atau daging dengan kandungan lemak yang ada pada buah alpukat, kacang-kacangan serta minyak goreng.

Berikan jus atau smoothie
Mengonsumsi jus atau smoothie ternyata juga ampuh untuk menggemukkan badan anak. Minuman ini kaya akan nutrisi dengan rasa yang lezat. Buatlah jus dari perpaduan beberapa buah, begitu juga dengan smoothie-nya. Anda bisa menambahkan susu atau yogurt untuk menambah nilai gizinya. Sebagai pemanisnya, lebih baik gunakan madu daripada gula.

Berikan camilan yang sehat
Terkadang sebagai orangtua kita kurang memperhatikan masalah asupan natrium dan gula pada si kecil dengan membiarkan anak memakan camilan apa saja yang ia sukai. Padahal kandungan natrium dan gula yang terlalu tinggi juga tidak baik untuk kesehatannya. Ganti camilan si kecil dengan camilan yang sehat seperti cereal bar, kacang-kacangan atau kue kering yang Anda buat sendiri di rumah.

Perbanyak air putih
Tubuh manusia sebagian besar terdiri dari air. Perhatikan kondisi anak yang kurus, rata-rata dari mereka mengalami kekurangan cairan tubuh. Padahal cairan tubuh berperan untuk memperbaiki fungsi beberapa organ tubuh dalam hal penyerapan nutrisi. Sehingga ajari anak untuk mengganti minuman yang manis dengan air putih.

Perbanyak karbohidrat
Cara menggemukkan badan anak secara alami tanpa obat adalah dengan perbanyak konsumsi karbohidrat. Karbohidrat juga menjadi salah satu sumber kalori yang diperlukan untuk menaikkan berat badan. Beberapa jenis karbohidrat yang baik dikonsumsi antara lain nasi, kentang, gandum, ubi jalar, dan jagung.

Ramuan herbal
Beberapa ramuan herbal seperti temulawak, madu, daun pegagan dan daun sambiloto terbukti ampuh penambah nafsu makan anak serta untuk menjaga kesehatan fisiknya. Sehingga berat badan si kecil bisa bertambah secara bertahap. Ramuan herbal ini juga cenderung tidak memiliki efek samping dan bahan-bahan tersebut mudah ditemukan.

Berikan madu
Kita semua tentu tahu apa khasiat dari madu yang luar biasa. Memberikan si kecil madu anak merupakan cara yang sehat untuk menggemukkan badan anak. Madu mengandung banyak nutrisi penting yang dapat menyehatkan pencernaan serta menambah nafsu makan secara alami. Anda bisa mencampurkan madu ke dalam beberapa jenis makanan si kecil.
Menambah nafsu makan dan berat badan si kecil memang susah-susah gampang, perlu kesabaran dan ketelatenan. Namun sebagai orangtua, melihat anak memiliki berat badan ideal dan bisa tumbuh sehat merupakan kebahagiaan yang utama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *