Banyak orangtua yang berupaya keras untuk menggemukkan badan anak namun seringkali berakhir dengan cara yang salah. Banyak penyebab anak menjadi susah gemuk, salah satunya adalah karena asupan nutrisi yang salah. Sehingga orangtua perlu memperhatikan urusan satu ini. Jangan hanya asal anak kenyang saja, kandungan gizinya pun perlu Anda pertimbangkan
Pada masa pertumbuhan, anak membutuhkan 3 kali nutrisi lebih banyak dibanding orang dewasa. Jadi meski porsi makannya lebih sedikit, nutrisinya harus seimbang dan cukup. Namun akan jadi masalah jika anak mengalami susah makan atau lebih pilih-pilih makanan.
Ada beberapa kandungan nutrisi yang berfungsi untuk menambah nafsu makan serta berat badan anak. Yang pertama adalah lysin. Lysin yang banyak terkandung dalam temulawak dan kunyit ini merupakan nutrisi yang dapat membantu menambah nafsu makan anak dengan cepat.

nutrisi untuk menggemukkan anak

Karbohidrat dan lemak yang sehat juga merupakan nutrisi yang diperlukan untuk menggemukkan badan anak secara alami. Kombinasi keduanya menghasilkan kalori yang diperlukan sebagai sumber energi sekaligus menambah berat badan. Yang terakhir adalah seng. Seng atau zinc merupakan mineral yang juga dapat merangsang nafsu makan anak serta mengatur hormon pertumbuhan.
Untuk mencukupi kebutuhan anak akan nutrisi-nutrisi tersebut tidak harus selalu dari suplemen multivitamin atau susu. Dengan makanan-makanan yang Anda berikan padanya pun bisa.

Nutrisi dari Makanan yang Dapat Menggemukkan Badan Anak

Bayam dan brokoli
Bayam mengandung zat besi, magnesium dan vitamin A yang baik untuk kesehatan rambut dan kulit anak. Sedangkan brokoli merupakan sumber kalsium yang baik. Brokoli juga mengandung vitamin A dan C serta potassium. Kombinasi keduanya akan membantu tumbuh kembang si kecil jadi optimal.

Gandum dan ubi
Gandum dan ubi, keduanya sama-sama mengandung karbohidrat yang baik sebagai sumber kalori. Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, bahwasanya kalori diperlukan sebagai nutrisi untuk menggemukkan badan anak. Selain itu, gandum mengandung serat, vitamin E, B1 dan B3. Sedangkan ubi mengandung vitamin A, B, C dan juga E.

Sereal dan roti
Sereal dan roti merupakan menu sarapan yang sehat untuk anak-anak. Terutama yang terbuat dari gandum utuh. Sereal juga mengandung zat besi yang berfungsi menambah sel-sel darah merah. Sel darah merah berfungsi mengedarkan oksigen ke seluruh tubuh.

Kacang almond
Kacang almond merupakan jenis kacang-kacangan yang mengandung lemak tak jenuh, lemak tak jenuh inilah lemak yang sehat dan diperlukan untuk tumbuh kembang si kecil. Kacang almond juga mengandung kalsium dan vitamin E. Jadi berikan kacang almond sebagai alternatif camilan si kecil, baik dengan kacang almond utuh atau dicampurkan dengan kue atau biskuit.

Ikan salmon
Ikan salmon merupakan pilihan ikan yang sangat sehat untuk anak yang sedang dalam masa pertumbuhan. Ikan salmon kaya akan omega 3 dan protein yang membantu perkembangan otak anak serta menambah massa otot. Ikan salmon juga diklaim sebagai ikan yang rendah kandungan cemarannya sehingga aman untuk anak-anak.

Daging
Daging-dagingan, baik daging merah seperti daging sapi atau kambing maupun daging putih seperti ayam juga mengandung lemak yang dapat menggemukkan badan anak dengan cepat. Namun konsumsinya harus dibatasi karena daging juga mengandung kolesterol.
Itu dia tadi sederet nutrisi dari makanan-makanan yang dapat membantu menambah berat badan anak. Pemberian asupan nutrisi yang baik sangat diperlukan untuk membantu mengoptimalkan tumbuh kembang si kecil.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *