Anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan seringkali mengalami berbagai masalah kesehatan yang bermula dari gangguan makan, seperti susah makan atau terlalu pilih-pilih makanan, sehingga menyebabkan anak menjadi kurus. Oleh sebab itu seringkali kita akan berusaha keras menggemukkan badan anak. Sebab, anak-anak sehat dengan berat badan ideal adalah dambaan setiap orangtua.
Namun sebelum menangani anak yang mengalami susah makan, Anda harus lebih dulu tahu apa penyebabnya. Ada sejumlah penyebab yang membuat anak susah makan. Bisa karena mengalami sakit secara fisik, faktor psikologis dan perubahan pola makan. Untuk masalah kesehatan, mungkin sebaiknya perlu dikondisikan ke dokter.

Tips Makan yang Benar untuk Menggemukkan Badan Anak

  1. Tentukan jenis makanan yang akan disajikan
    Ellyn Satter Theory merupakan teori yang mengacu pada orangtua berperan sebagai gatekeeper. Sehingga, Andalah yang menentukan jenis makanan yang akan disajikan pada anak. Sedangkan anak berhak untuk memilih makanan yang disajikan padanya dan seberapa banyak yang akan ia makan. Jadi, Anda juga harus mengikui perkembangan si kecil, jangan memaksanya untuk makan.
  2. Kenalkan makanan baru pada anak secara bertahap
    Makan makanan yang bervariasi merupakan cara termudah menggemukkan badan anak. Namun ada kalanya anak menjadi susah makan karena ia jenuh dengan makanan yang Anda sajikan. Solusinya adalah dengan memperkenalkan makanan baru pada anak secara bertahap. Jadi jika Anda ingin memberikan variasi makanan, lakukan satu per satu, jangan langsung semuanya agar si kecil tidak kaget.
    Lakukan pemberian variasi makanan pada waktu yang tepat. Misalkan di pagi hari setelah si kecil bangun tidur. Jangan di sore hari ketika anak sudah terlalu lelah. Dalam kondisi lapar, nafsu makannya masih cukup baik.
  3. Buat suasana nyaman menjadi nyaman
    Suasana makan juga ternyata dapat mempengaruhi mood makan anak. Ada dua hal yang perlu diperhatikan dalam membuat suasana makan menjadi nyaman bagi si kecil, yaitu lingkungan fisik dan lingkungan emosional
    Lingkungan fisik misalnya, perhatikan apakah suasana tempat ia akan makan sudah cukup mendukung. Misal kondisinya sudah bersih sehingga membuat si kecil betah duduk di situ. Lingkungan emosional misalnya, hindari suasana makan yang mengundang perdebatan antara Anda dengan anak, atau perkelahian antara ia dengan kakak/adiknya.
  4. Ajaklah si kecil makan bersama dan jadilah role model
    Anak adalah peniru yang ulung, Anda harus paham akan hal ini. Jika Anda kesulitan menggemukkan badan anak karena ia susah makan, cobalah introspeksi diri apakah Anda sudah cukup benar untuk urusan makan. Ajaklah si kecil untuk makan dan jadilah role model untuknya. Jika Anda makan dengan lahap, penuh rasa gembira dan bersemangat, maka lambat laun si kecil akan meniru Anda.
  5. Buat makanan menjadi menarik
    Daya tarik visual memang luar biasa. Jadi ketika anak Anda susah makan, cobalah untuk membuat makanan yang akan Anda sajikan padanya terlihat menarik. Misalkan dengan membuatnya menjadi warna-warni dari aneka jenis sayuran, menghiasnya dengan bentuk-bentuk lucu dan sebagainya.
  6. Selalu sajikan makanan sehat
    Makanan yang sehat adalah hal yang wajib jika Anda ingin menggemukkan badan anak. Jangan hanya asal enak saja, Anda harus memperhatikan jenis makanan serta kandungan nutrisinya. Dengan demikian, Anda tidak akan sia-sia menjadikan si kecil kembali berselera makan sebab nutrisinya tercukupi dengan baik.
    Demikian cara memberi makan yang benar untuk anak-anak. Tumbuh kembang yang optimal dimulai dari cara makan yang baik dan benar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *