Menggemukkan badan anak terkadang untuk sebagian orang tua menjadi suatu prioritas. Memang terlihat menggemaskan melihat seorang anak-anak yang badannya gemuk gempal. Banyak pasangan baru yang mendambakan mempunyai anak yang gemuk menggemaskan. Namun, faktanya saat mereka mempunyai momongan justru anak-anak mereka terlihat kurus ramping.

Bahkan, karena saking kurusnya terkadang banyak yang menilai anak kita kurang gizi, susah makan atau bahkan ada yang bilang anak kita cacingan. Tentunya komentar-komentar ini membuat ayah dan bunda merasa sakit hati dan minder padahal namanya orang tua pasti sudah memberikan yang terbaik untuk anaknya.
Memang, mempunyai seorang anak yang tidak tumbuh subur membuat hati orang tua cemas dan khawatir, banyak cara yang sudah dilakukan, untuk menggemukkan badan anak dari memperbaiki pola makannya sampai memberikan obat-obatan untuk menambah berat badan. Perlu bunda dan ayah tahu, memberikan obat-obatan kepada anak-anak mempunyai efek samping tersendiri.

Oleh karena itu, untuk mendapatkan badan gemuk dan sehat, bunda perlu beberapa cara alami yang bisa di berikan kepada anak-anak untuk membentuk tubuh kurusnya menjadi gemuk.

Cara Menggemukkan Badan Anak Secara Alami dengan Obat Tradisional

Badan yang kurus bisa terjadi karena beberapa faktor, perawakan yang diturunkan ayah atau bundanya, efek dari suatu penyakit misalkan TBC dan penyakit pernapasan lainnya atau karena pola makan anak yang tidak teratur.

Pola makan anak yang tidak teratur memang berpengaruh pada proses menggemukkan badan anak . Asupan gizi yang didapatkan anak tentunya kurang terpenuhi karena gizi yang didapatkan dari makanan pasokannya berkurang. Pola makan yang tidak teratur bisa terjadi karena perhatian orang tua yang kurang maksimal atau karena anak-anak yang kurang nafsu makan.
Anak-anak yang waktunya dihabiskan untuk aktivitas sekolah dan bermain biasanya pola makannya kurang teratur di sinilah peran penting orang tua. Atau bisa saja nafsu makannya yang berkurang. Daripada ayah atau bunda terlalu sering memberikan vitamin-vitamin penunjang nafsu makan, lebih baik bunda coba dengan obat-obatan tradisional, antara lain :

1. Ramuan temu lawak dan sambiloto
Untuk sebagian orang yang tinggal di desa atau orang tua zaman dulu biasanya sudah tidak asing dengan temu lawak dan sambiloto. Obat-obatan tradisional yang sudah dari zaman kakek nenek menjadi ramuan andalan untuk menunjang nafsu makan, baik untuk orang dewasa maupun anak-anak. Cara membuatnya pun mudah.
Bunda cukup siapkan seruas temu lawak dan beberapa lembar daun sambiloto. Iris tipis—tipis temu lawak rebus dengan dua gelas air di campur dengan daun sambiloto. Biarkan mendidih sampai tersisa hanya segelas air. Kasihkan ke anak bunda tiga puluh menit sebelum makan. Lakukan hal ini sehari dua sampai tiga kali secara rutin.

2. Agar-agar daun pandan
Daripada ayah atau bunda memberikan obat-obatan atau vitamin penunjang nafsu makan yang mungkin anak-anak tidak menyukainya, lebih baik ayah bunda mencoba membuat makanan-makanan ringan yang membuat anak-anak tertarik seperti puding. Untuk menambahkan nafsu makan, puding ini coba dibuat dengan bahan dasar daun pandan.

Ramuan daun pandan terkenal sebagai obat tradisional penambah nafsu makan baik untuk anak-anak maupun orang dewasa. Bunda bisa membuat puding ini dengan cara yang sederhana, cukup haluskan daun pandan, peras lalu airnya dimasukkan ke dalam adonan agar-agar yang di masak.

Saat anak-anak nafsu makannya meningkat, menggemukkan badan anak menjadi hal yang mudah dan sederhana karena melalui makanan bunda bisa memberikan asupan gizi yang cukup.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *