Nafsu makan anak yang menurun secara tiba-tiba seringkali membuat para orangtua kewalahan dan kebingungan. Jangan khawatir, sebab sesekali memang anak menjadi susah makan karena beberapa hal dan dapat diatasi dengan cara-cara yang alami. Selain menggunakan suplemen multivitamin khusus untuk meningkatkan nafsu makan si kecil, Anda bisa memberinya ramuan herbal.

herbal alami tingkatkan nafsu makan anak

Ramuan tradisional untuk meningkatkan nafsu makan si kecil memiliki kelebihan lebih aman dan tidak memiliki efek samping selama pengolahannya benar. Selain itu beberapa herba ini mudah ditemukan di sekitar kita atau di pasar-pasar tradisional.

Obat Herbal Alami untuk Menambah Nafsu Makan

Daun enceng-enceng
Daun enceng-enceng memiliki manfaat untuk mengatasi anak yang susah makan akibat gangguan saluran pencernaannya yang disebabkan oleh infeksi. Caranya adalah dengan menyiapkan 25-30 lembar daun enceng-enceng segar, cuci lalu keringkan. Tumbuk halus, tambahkan air lalu peras. Saring ke dalam gelas lalu berikan pada si kecil 2 kali sehari secara teratur.

Daun ubi kayu
Daun ubi kayu (singkong) bukan hanya enak disajikan sebagai sayur namun juga dapat dijadikan sebagai ramuan untuk meningkatkan keinginan makan anak. Caranya cukup mudah, Anda hanya memerlukan beberapa lembar daun ubi kayu, cuci bersih lalu rebus dengan bawang putih dan garam secukupnya. Gunakan untuk lalapan atau tambahkan pada menu sayuran si kecil.

Temulawak
Temulawak mengandung curcumin, senyawa yang dapat menstimulasi nafsu makan secara alami untuk dewasa maupun anak-anak. Bahan-bahan yang Anda perlukan adalah menyiapkan 2 rimpang temulawak, ¼ rimpang lengkuas dlan setengah genggam daun meniran. Cuci bersih semua bahan, rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa 2 gelas saja. Saring lalu minumkan pada si kecil 2 kali sehari ½ gelas.

Kunyit
Sama dengan temulawak, kunyit juga mengandung curcumin. Sehingga jika Anda tidak dapat menemukan temulawak, Anda bisa menggunakan kunyit sebagai penambah keinginan makan anak. Parut 2 buah rimpang kunyit ukuran sedang, kemudian peras hingga keluar airnya. Tambahkan 1-2 sendok madu murni. Berikan ramuan ini pada si kecil 2 kali sehari 1 sendok makan.
Daun pepaya
Daun pepaya juga dipercaya efektif untuk meningkatkan selera makan anak. Caranya, siapkan beberapa lembar daun pepaya muda yang masih segar, cuci bersih dan biarkan kering. Haluskan daun pepaya dengan cara ditumbuk, kemudian peras dengan kain, tambahkan air hangat dan madu. Minum ramuan tersebut 3 kali sehari sebanyak 1 gelas.

Brotowali
Brotowali adalah sejenis daun yang memiliki rasa yang teramat pahit namun terbukti sejak dulu dipercaya sebagai ramuan penambah nafsu makan anak-anak. Caranya, siapkan 3 lembar daun brotowali, 2 batang jari brotowali yang diiris kecil-kecil serta 2 gelas air. Cuci semua bahan lalu rebus selama 30 menit dalam panci yang tertutup. Setelah dingin, saring lalu airnya diminum sebanyak 2 kali sehari.

Lempuyang
Obat tradisional untuk tingkatkan nafsu makan anak yang terakhir adalah dengan lempuyang. Siapkan 3 jari lempuyan dan 50 cc air. Cucilah lempuyang hingga benar-benar bersih lalu parut. Tambahkan air lalu peras dan saring. Konsumsi ramuan ini 3 kali sehari 1 sendok makan, ulangi dalam beberapa hari hingga nafsu makan benar-benar pulih.

Nah demikian tadi ulasan mengenai obat herbal untuk mengatasi anak yang susah makan. Dengan begitu, Anda sudah tidak perlu khawatir lagi ketika si kecil susah makan tiba-tiba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *