Masa anak-anak adalah masa di mana kebutuhan nutrisi harus terpenuhi untuk tumbuh kembangnya. Memberikan vitamin anak merupakan salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan nustrisi anak.

Akan ada masa yang baik untuk anak atau biasa disebut dengan istilah golden age. Yaitu masa-masa anak membutuhkan asupan nutrisi yang banyak karena merupakan masa di mana pertumbuhan dan kecerdasaan dapat optimal.

Di apotek terdapat banyak jenis vitamin yang dijual secara bebas. Namun, tidak semua vitamin dapat dipilih untuk memenuhi kebutuhan anak. Orang tua harus bijak dalam memilihkan vitamin untuk anaknya. Berikut ini merupakan cara yang tepat untuk memilih vitamin yang baik untuk anak.

Cara Memilih Vitamin yang Bagus untuk Anak

1. Ketahui Vitamin yang Dibutuhkan Anak

Untuk memilih vitamin yang tepat untuk anaknya, maka orang tua harus tahu mengenai vitamin yang sesuai dengan kebutuhan anak. Di apotek tidak hanya menjual satu macam vitamin saja.

Jenis vitamin ada beberapa macam seperti Vitamin A, B, C, D, E, dan lain sebagainya. Misalnya jika anak mengalami mata minus, maka lebih baik untuk membeli Vitamin A, karena Vitamin A sangat baik untuk menjaga kesehatan mata.

2. Teliti Kandungan Dalam Vitamin

Sebagai orang tua sebaiknya paham mengenai kandungan dalam vitamin untuk anak. Kandungan dalam vitamin anak-anak pastinya berbeda dengan kandungan vitamin untuk orang dewasa.

Pada umumnya untuk anak-anak, vitamin memiliki kandungan yang lebih rendah. Contohnya adalah Vitamin C, kebutuhan akan Vitamin C pada anak lebih rendah daripada pada orang dewasa.

Maka perlu untuk memilih obat yang memiliki kandungan Vitamin C setengahnya dari kandungan vitamin untuk orang dewasa. Jika jumlah konsumsi vitamin berlebihan dikhawatirkan dapat mengganggu kesehatan anak.

3. Teliti Efek Samping yang Ditimbulkan

Biasanya dalam suatu produk obat akan terdapat detail mengenai efek samping yang ditimbulkan jika mengonsumsinya. Demi keamanan, apalagi bagi kesehatan sang anak, orang tua harus bijak dalam memilihkan vitamin dengan efek samping tertentu yang berpengaruh pada anak. Selain tercantum efek sampingnya, biasanya juga terdapat langkah-langkah yang tepat untuk mengatasi gangguan yang bisa terjadi.

4. Vitamin Khusus Anak

Vitamin-vitamin yang dijual bebas pada umumnya hanya cocok untuk orang dewasa saja. Vitamin untuk orang dewasa dan anak-anak tentunya tidak sama. Namun, karena kurangnya pengetahuan para orang tua masih banyak yang menyamaratakan kebutuhan vitamin setiap orang.

Sehingga banyak orang tua yang masih asal membelikan vitamin untuk anaknya. Setiap obat yang dijual memiliki dosis yang berbeda. Oleh karena itu, untuk memilih vitamin seharusnya disesuaikan yang khusus untuk anak-anak dengan dosis yang pas.

5. Konsultasi dengan Dokter

Karena banyaknya produk yang dijual di apotek-apotek, maka banyak orang kesulitan untuk membedakan produk mana yang dibutuhkan dan tidak dibutuhkan. Untuk mengatasi kebingungan ini, lebih baik untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Dokter lah yang akan memberikan arahan mengenai vitamin mana yang seharusnya dibeli dengan melihat kondisi orang tersebut.

Dalam memilih vitamin untuk anak, orang tua sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter anak yang dipercaya.
Itulah beberapa cara untuk memilih vitamin anak yang tepat. Satu hal penting yang harus diketahui adalah membeli vitamin khusus untuk anak-anak. Segala gangguan bisa datang pada siapa saja.

Maka untuk mengatasinya kita juga harus bijak untuk memilih apa yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Seperti dalam memilih vitamin ini, pastinya akan sulit untuk menentukan vitamin yang cocok dengan kita karena banyaknya produk yang beredar saat ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *